KERAJINAN TENUN IKAT DESA KIFU

c360_2016-12-07-14-30-20-9181 kifu 07/12/2016 ;Desa kifu adalah salah satu desa yang masih mewariskan pakaian adatnya dan di pehatikan oleh pemerintah desa, di tahun anggaran 2016 pemerintah desa kifu memberikan bantunan dana kepada para pengrajin sebagai bentuk kepedulian pemerintah desa pada pelestarian budaya lokal desa. kegitan ini juga di prioritaskan kepada tim penggerak PKK yang berada di setiap perdusunan bahkan sampai RT.

Proses pembuatannya dilakukan secara kelompok selama kurun waktu satu bulan, dari setiap pengrajin bisa mendapat satu sarung dan selimut bahkan satu selendang saja, namun dengan adanya bantuan dana desa ini mereka merasa senang karena bisa membantu perekonomian keluarga meskipun butuh waktu yang cukup lama dan belum bisa di jual keluar daerah dalam jumlah yang banyak.

Saat ini semua hasil karya ibu-ibu PKK masih di simpan oleh ibu kepala desa kifu untuk proses pemasarannya tidak harus ke kupang lagi dengan adanya internet desa bisa di akses lewat jual beli online.

Ada dua jenis tenun ikat yang di produksi oleh mama-mama kain tenun sotis dan kain tenun ikat,harganya satu kain sarung Rp 500.000 kalau kain sotis harganya Rp 550.000

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan