Doa di Pesisir Pantai Desa

batu-ike
foto (ugan) : pesisir pantai desa kifu

Di sebelah barat  desa kifu terdapat dua buah batu dengan ketinggian sekitar 20 meter berada tepat dipinggiran pantai desa, biasa masyarakat  sebut dengan Fatu Ike.

Pada saat musim kemarau panjang tempat ini biasa digunakan untuk meminta hujan dengan di pimpin langsung oleh Ketua Adat atau disebut Tobel Netemnanu, semua masyarakat berkumpul dan biasanya mereka membawa kelapa muda, satu ekor babi, dan akar pohon Tufe.

Proses Upacara Adat berlangsung di antara dua batu tersebut, setelah berdoa bersama Ketua Adat, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat naik ke atas Batu untuk melakukan ritual, Sesampainya diatas Batu Ketua Adat mengarahkan Jas yang dikenakannya ke 4 (empat) arah mata angin yaitu Barat, Utara, Timur dan Selatan.

Selanjutnya, para tokoh agama dan tokoh masyarakat menyirami Ketua Adat dengan Air kelapa yang telah disiapkan dan sisanya diminum secara bergantian. lalu, Ketua Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Membawa Akar Pohon Tufe ke Pesisir Pantai untuk di pukulkan ke Air Laut. sedangkan masyarakat yang ada di antara batu menyembelih  dan Membakar Babi untuk dimakan bersama.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan